Profil Organisasi

Profile Organisasi
GIBRAN FANS GARUDA INDONESIA

Mukaddimah

Momentum Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, menjadi catatan sejarah paripurna dalam proses perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. Pada kesempatan ini, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memperoleh mandataris rakyat Indonesia untuk memimpin bangsa ini selama lima tahun ke depan.

Pesta rakyat lima tahun sekali itu, menginisiasi terbentuknya organisasi relawan Gibran Fans. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2023, berbagai lapisan masyarakat mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kabupaten Karang Anyar Jawa Tengah.

Gerakan yang diinisasi oleh KH. Dharmawan serta Riadhus Surya atau Gus Ari, memperoleh respon besar dari sejumlah kalangan, terutama rakyat yang mencintai dan mengidolakan Mas Gibran untuk mempimpin negeri Nusantara ini.

Sejak dideklarasikan sebagai organisasi relawan, Gibran Fans berhasil membentuk pengurus di 23 Propinsi dan puncaknya ialah pada 14 Februari 2024, Gibran Fans sukses mengantarkan Prabowo Gibran menjadi calon terpilih Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029.

Relawan Gibran Fans berkomitmen teguh mengantarkan serta mengawal pemerintahan Prabowo – Gibran hingga berakhirnya masa bhakti. Begitu pun, Gibran Fans secara organisasi memperkuat pondasi dengan melebarkan sayap organisasi dan berevolusi menjadi Organisasi Perkumpulan bernama Gibran Fans Garuda Indonesia.

Visi:

Indonesia yang berkarakter kerakyatan, berperikemanusiaan, berkeragaman, berkeadilan, berkemajuan dan bermartabat.

Misi:
  1. Memberdayakan potensi masyarakat sedemikian rupa sehingga mampu merumuskan, menyatakan, memperjuangkan serta mempertahankan hak-hak dan kepentingan masyarakat luas;
  2. Mendukung dan bersinergi dengan pemerintah dalam pemerataan pembangunan disegala aspek juga dalam pelaksanaan program pemerintah secara nasional yang mengandung dimensi keadilan dalam bidang kemasyarakatan, sosial ekonomi, hukum, budaya serta toleransi antar umat beragama;
  3. Merajut kembali rasa kebangsaan yang terserak, menanamkan kembali benih-benih idealisme, menguatkan benteng-benteng kebhinekaan dan membangun kembali pondasi gotong royong;
  4. Menggalang kekuatan nasional melalui sebuah kepemimpinan politik yang ideologis, terorganisir dan terstruktur;
  5. Menggalang perjuangan politik dengan nilai solidaritas Religius – Nasionalis melanjutkan agenda reformasi dan demokratisasi;
Asas:

Pancasila

Pendiri:
  1. R. Haryosulistyo Dharmawan

Pria kelahiran Karang Anyar, 11 Mei 1972, merupakan seorang pengasuh Pondok Pesantren Miharul HikamJawa Tengah. Ia pun menjadi salah seorang putra terbaik bangsa dengan menyelesaikan tiga gelar studi S1 secara bersamaan dan dalam waktu singkat menyelesaikan pendidikan S2 dan memperoleh gelar Doktor di Universitas Padjajaran.

Berlatarbelakang akademisi dan aktivis kemahasiswaan, KH. Dharmawan membuktikan kiprahnya pada bangsa ini dengan malang melintang dalam Pemerintahan Republik Indonesia sejak era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur sebagai staf kepresidenan dan aktif di masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pada momentum Pilres 2024, dengan pemikiran matang dan ketulusan hati, KH. Dharmawan mengajak sejumlah tokoh mendukung pasangan Prabowo – Gibran dengan membentuk relawan Gibran Fans pada 28 Oktober 2023.

Dalam organisasi ini, KH. Dharmawan berkedudukan sebagai Ketua Dewan Pembina bersama Mas Gibran Rakabuming Raka untuk mengayomi dan menyelaraskan organisasi.

  1. Riadhus Surya Setiabudi

Gus Ari sapaan akrab Riadhus Surya adalah pria kelahiran Surakarta, 24 Maret 1985. Ia merupakan pegiat seni budaya yang menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Universitas 11 Maret Surakarta. Berbekal kecintaan terhadap seni dan budaya Indonesia, Gus Ari aktif di sejumlah organisasi dan partai politik.

Sebagai pegiat seni dan budaya, Gus Ari banyak menghabiskan waktu mempelajari sejarah kebudayaan Indonesia. Bahkan, ia pun berkunjung ke sejumlah negara untuk menggali dan mempelajari sejarah nusantara. Selain itu, Gus Ari juga merawat cagar budaya yang tidak tersentuh oleh pemerintah maupun pihak lain. Cagar budaya dan peninggalan leluhur yang ditemukan, ia lestarikan dan menjadikan destinasi wisata sejarah kebudayaan Nusantara.

Bersama dengan KH. Dharmawan, Gus Ari menjadi pelopor dan pendiri Relawan Gibran Fans pada tanggal 28 Oktober 2023 di Solo Raya. Gus Ari menerima mandataris sebagai Ketua Umum Gibran Fans.

Maksud dan Tujuan:

Sebagai organisasi perkumpulan sosial, Gibran Fans Garuda Indonesia berkomitmen penuh mengawal program pemerintahan Prabowo Gibran hingga berakhir masa khidmatnya.

Secara eksplisit, organisasi Gibran Fans Garuda Indonesia memiliki tujuan:

  1. Menghimpun dan membangun kekuatan rakyat untuk berjuang demi kesejahteraan rakyat;
  2. Memperjuangkan kepentingan rakyat di bidang ekonomi, sosial dan budaya secara demokratis dan berjuang secara konstitusional guna mewujudkan pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial;
Lambang dan Filosofi:

Evolusi logo Gibran Fans mengalami perubahan seiring penambahan nama organisasi yang semula Relawan Gibran Fans Indonesia menjadi Organisasi Perkumpulan Gibran Fans Garuda Indonesia.

Lambang Gibran Fans Garuda Indonesia memiliki filosofi sebagai berikut:

  1. Kepala menghadap ke kanan bermakna kebajikan
  2. 28 helai bulu leher bermakna tanggal lahir Gibran Fans Garuda Indonesia yakni pada tanggal 28 Oktober 2023
  3. 10 helai sayap kiri dan kanan bermakna bulan kelahiran Gibran Fans Garuda Indonesia yakni Bulan Oktober
  4. 45 helai bulu pangkal ekor bermakna menuju Indonesia emas Tahun 2045
  5. Perisai bermakna perlindungan dan perjuangan
  6. Lima bintang dalam perisai bermakna asas organisasi yaitu Pancasila dan Panca Dharma Organisasi
  7. Warna dasar putih dalam perisai bermakna kesucian
  8. Gambar Gibran dalam perisai bermakna figure tokoh muda berwawasan kebangsaan untuk membawa Indonesia menuju kejayaan
  9. Tulisan Gibran Fans Garuda Indonesia adalah nama organisasi
  10. Warna Emas bermakna kemegahan dan kejayaan